Sabtu, 12 Mei 2018

QA & QC




Perbedaan Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)
Perbedaan QA dan QC bukan hanya secara kedudukan seperti yang dijelaskan diatas. Berikut ini perbedaan-perbedaan antara QA dan QC dalam quality management :
No
Perbedaan
Quality Assurance
Quality Control
1.
Definisi
QA adalah kumpulan aktivitas yang bertujuan untuk memastikan proses pengembangan suatu produk berjalan dengan baik, baik itu sebuah produk perangkat lunak maupun produk lainnya.
QC adalah kumpulan aktivitas yang bertujuan untuk memastikan kualitas produkyang dihasilkan atau dengan kata lain berfokus pada hasil produksi apakah sesuai dengan requirement atau spesifikasi awal yang ditetapkan
2.
Tujuan
Bertujuan untuk meningkatkan proses pengembangan dan testingagar tidak terjadi kesalahan selama produk dikembangkan
Bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan setelah produk dikembangkan sebelum produk di release ke luar organisasi atau perusahaan.
3.
Aktor
Seorang conceptor penjamin mutu
Seorang executor atau operatorpengendali mutu
4.
Fungsi
Memastikan proses pengembangan produk berjalan dengan baik
Memastikan hasil produksi sesuai dengan spesifikasi awal produk
5.
Fokus
Fokus pada proses untuk menghasilkan produk dan memastikan untuk dapat mencapai suatu kualitas (defect prevention)
Fokus pada produk yang akan dihasilakn dan memastikan untuk dapat mencapai suatu kualitas (defect detection)
6.
Sifat
Bersifat proactive danpreventive in nature
Bersifat reactive dan problem solving in nature
7.
Proses
Meyakinkan atau menjamin kualitas dengan suatu sistematika kinerja dan keterbukaan untuk keberhasilan secara keseluruhan suatu pekerjaan dengan melalui sistem control
Prosedur kerja berdasarkan referensi yang dapat diterapkan dan diimplementasikan langsung di proses pekerjaan tersebut untuk memenuhi persyaratan minimum sebagai hasil akhir pekerjaan
8.
Peran
Berperan sebagai analystuntuk memperbaiki mutu produk, atau dengan kata lain QA sebagai conceptor
Berperan sebagai operasional yang langsung melakukan aktivitas checking atau inspeksi terhadap produk, atau dengan kata lain QA sebagai executor
9.
Aktivitas
Merancang prosedur cara untuk tindakan pencapaian mutu yang ditargetkan
Melakukan tindakan dari prosedur QA untuk pencapaian mutu yang ditargetkan
10.
Kategori
Perencanaan mutu, sertifikasi ISO, audit sistem, pengaturan manajemen pemeliharaan, dsb
Kegiatan-kegiatan inspeksi dan pengujian kualitas (in-coming, in-process, dan outgoing)
11.
Kedudukan
Merupakan sebuah sistemdari sebuah penjamin kualitas dalam manajemen kualitas
Merupakan sebuah tools atau alat dari sebuah penjamin kualitas dalam manajemen kualitas
12.
Tugas Utama (memperjelas perbedaan aktivitas)
Memahami kebutuhan pelanggan dan menentukan standar dari suatu produk atau jasa
Melakukan pemeriksaan dan inspeksi langsung ke produk atau jasa yang dihasilkan apakah sudah sesuai standar dan prosedur yang ditetapkan QA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemasangan Rambu-Rambu di jalan Raya